Kecepatan browsing ditentukan oleh banyak faktor seperti jarak antara komputer Anda dengan komputer server dimana website itu berada, ukuran halaman yang harus di download ke browser, kualitas DNS yang Anda gunakan, kualitas Internet Service Provider (ISP) Anda dan kecepatan proses di komputer Anda. Jadi dengan meningkatkan faktor di atas maka kecepatan browsing Anda pun akan semakin baik.

Disini kami ingin membahas tentang faktor kualitas DNS yang Anda gunakan. DNS atau Domain Name Sistem merupakan sistem penamaan di internet untuk semua komponen yang terhubung seperti komputer, layanan internet dan komponen jaringan lainnya. Sistem ini memungkinkan kita untuk menggunakan nama domain untuk mengakses suatu server di internet. Tentunya akan lebih sulit bagi kita untuk mengingat deretan angka sebagai alamat dari website.

Contoh ketika Anda mengetikan “detik.com” maka komputer Anda akan menanyakan ke DNS Server tentang alamat IP dari “detik.com”. Komputer perlu mengetahui alamat IP karena angka lebih mudah dimengerti oleh komputer yang menggunakan sistem data bit. Setelah mendapatkan alamat IP dari DNS Server maka komputer Anda akan mengerti dengan pasti alamat komputer tujuan sehingga bisa mengaksesnya. Jadi sistem DNS menjembatani pengguna internet dengan jaringan komputer yang menggunakan bahasa yang berbeda dari bahasa manusia.

Jika Anda sudah mengetahui alamat IP website yang ingin dibuka, maka Anda bisa mengetikkan langsung IP tersebut di bagian location/URL browser Anda. Disini kita tidak perlu menghubungi DNS Server untuk menanyai alamat IP dari website tersebut karena kita sudah memilikinya. Contoh untuk “detik.com” alamat IP nya “203.190.241.43″.

Kualitas dari DNS Server sangat mempengaruhi kecepatan browsing Anda. Jika DNS Server yang Anda gunakan lambat dalam memproses permintaan Anda atau letaknya jauh dari komputer Anda maka dapat dipastikan kecepatan browsing Anda menjadi lambat. Defaultnya kita menggunakan DNS yang berasal dari Internet Service Provider (ISP) kita seperti starone, telkom flash, telkomnet dll.

Namun seringkali DNS Server yang disediakan oleh ISP kita kurang berkualitas sehingga banyak konsumen yang mengeluhkan lambatnya akses browsing ke suatu website. Untuk itu kami memiliki tips untuk mempercepat browsing menggunakan openDNS. OpenDNS merupakan DNS Server gratis yang bisa digunakan oleh semua pengguna Internet di dunia.

Kelebihan dari openDNS adalah sebagai berikut :

  • Server nya terletak dalam lokasi yang strategis di Internet
  • Memiliki ukuran cache nama domain yang sangat besar. Dalam dunia komputer sistem cache mempengaruhi kecepatan proses, contoh cache memory maupun web page cache
  • Proses query dari nama domain ke alamat IP sangat cepat sehingga hal ini mempercepat proses pencarian alamat IP
  • Fasilitas lain yang berhubungan dengan keamanan jaringan seperti filter terhadap phising, blok situs malware atau virus
  • Koreksi nama domain, contohnya ketika anda mengetik wikipedia.og maka openDNS akan meredirect ke alamat yang benar yaitu wikipedia.org

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang openDNS, Anda bisa membaca artikel tentang openDNS di wikipedia atau mengunjungi situs openDNS.

Di situs openDNS kita bisa menemukan informasi tentang instalasi openDNS di komputer kita. Anda bisa memilih panduan yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda di sini. Panduan yang diberikan cukup mudah untuk diikuti, namun jika Anda memerlukan bantuan instalasi bisa menghubungi kami di admin@bswebhost.com.